Manfaat Dan Khasiat Buah Pare Untuk Kesehatan

manfaat buah pare untuk kesehatanManfaat and khasiat ~ Manfaat buah pare untuk kesehatan tubuh serta mengobati berbagai penyakit sudah banyak dibuktikan keampuhannya. Khasiat alami buah yang juga bisa dimasak sebagai sayuran pendamping nasi ini diantaranya mengobati diabetes, HIV/AIDS dan ramuan alami perawatan wajah. Buah pare memiliki kegunaan dibalik rasa pahit yang unik. Tidak hanya buahnya, akar dan daun pare memiliki kegunaan untuk obat tradisional.



Bentuk buah pare yang panjang dan bergerigi serta memiliki rasa pahit mungkin terlihat tidak enak untuk dimakan. Namun jangan salah, khasiat yang terkandung di dalam buah pare sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Ada beberapa orang yang terbiasa memakan buah ini tanpa direbus atau dimasak karena memang kegunaannya sangat banyak.

Tahukah anda, daun akar dan biji pare banyak digunakan untuk bahan utama obat herbal tradisional?

Nama lain buah ini adalah labu pahit atau karela yang sudah lama berkhasiat mengobati kencing manis secara alami. Namun demikian, anda dilarang memakan buah pare bersama dengan obat anti-diabetes dari dokter.

Apa Saja Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan Anda?

  1. Obat tradisional diabetes
    Penyakit kencing manis atau diabetes dapat diobati dengan cara mengkonsumsi 50 – 60 ml jus buah pare setiap hari. Dosis yang lebih tinggi tidak disarankan karena bisa menyebabkan sakit perut dan diare. Untuk ibu hamil, anak-anak dan anda yang memiliki kadar gula rendah tidak dianjurkan karena bisa membahayakan kesehatan.

  2. Perawatan kulit wajah
    Bagi anda wanita yang ingin merawat kecantikan kulit wajah secara alami, gunakan masker buah pare. Anda bisa menambahkan milk cleanser untuk mengurangi bau pahit yang menyengat. Manfaat untuk kulit wajah adalah menjaga kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultra violet sehingga mencegah noda hitam dan munculnya kerutan pada wajah.

  3. Bijinya sebagai anti HIV/AIDS
    Penelitian oleh Prof Lee-Huang dari Universitas New York menemukan bahwa dalam biji pare tua terdapat senyawa yang berkhasiat mencegah perkembangan virus HIV/AIDS. Meskipun sampai saat ini belum ada keterangan resmi obat HIV dari biji buah pare, penemuan ini memicu perkembangan dunia kedokteran dalam memerangi penyakit mematikan ini.

  4. Melawan tumbuhnya kanker
    Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh manusia. Buah pare mengandung zat lesichin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ampuh membunuh perkembangan sel kanker. Anda bisa mengkonsumsi pare mentah atau atau direbus dahulu untuk mendapatkan khasiat buah alami.

  5. Manfaat akar dan daun pare
    Selain buahnya yang berkhasiat, akar tanaman pare juga bermanfaat untuk mengobati wasir serta infeksi usus. Daun nya berguna untuk mengatasi demam dan bisul.

Pemanfaatan buah pare sebagai bahan dasar obat herbal tradisional menjadi salah satu tanda banyaknya khasiat alami yang terkandung di dalamnya. Anda bisa mengkonsumsi langsung atau diolah sebagai masakan tumis, kapsul maupun teh herbal. Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar