Cara Membuat Telur Asin Dengan Bahan Sederhana


Tips and Trik ~ Membuat telur asin dengan cara sederhana namun memiliki rasa asin yang tidak kalah enak dari telur asin khas brebes. Proses pembuatan tidak perlu dibakar atau dipanggang, cukup didiamkan selama 1 minggu atau disesuaikan dengan rasa asin yang anda inginkan. Selain bahan - bahan yang dibutuhkan mudah didapat, harganya juga murah meriah.


Cara membuat telur asin untuk dikonsumsi sendiri ternyata mudah dan murah. Bahan – bahan yang diperlukan juga mudah didapat tidak harus menggunakan telor bebek, anda bisa memakai telur ayam atau telor puyuh yang ukurannya lebih kecil.

Selain untuk disantap bersama keluarga, bisnis telur asin juga cukup menjanjikan. Karena memang rasanya enak serta mengandung banyak gizi yang berguna bagi tubuh dan perkembangan otak anak. Anda bisa mencoba menjual telur asin buatan sendiri dengan harga mulai dari Rp. 1.500 sampai Rp. 2.500 per butir.

Beberapa daerah di Indonesia yang memiliki telor asin dengan cita rasa khas adalah brebes, sidoarjo dan lombok. Meskipun cara pembuatannya sederhana, telur asin yang akan anda buat tidak kalah masir dari telur asin khas yang sudah terkenal.

Bagaimana Cara Membuat Telur Asin?

Pembuatan telor asin dengan cara sederhana serta menggunakan bahan – bahan yang mudah didapatkan dan harga yang murah. Anda bisa memakai telur ayam, telur bebek atau telur burung puyuh.

Bahan - bahan :
  • 15 butir telur mentah
  • 2 kg bubukan batu bata merah
  • 2 kg garam dapur halus
  • Air bersih secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Campurkan bubukan batu bata merah dengan garam dapur, tambahkan sedikit air hingga adonan berbentuk pasta.
  2. Cuci telur sampai bersih dan jangan sampai ada kotoran yang menempel. Kotoran yang tertinggal pada telur dapat menyebabkan telur asin cepat busuk.
  3. Setelah benar-benar bersih, telur diolesi adonan pasta yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Kemudian telur ditata di dalam periuk atau wadah lainnya dengan rapi. Sisa pasta adonan dioleskan di atas tatanan telur.
  5. Tutup periuk atau wadah tersebut dan simpan di tempat yang sejuk dan rata selama 1 minggu. Jika anda menginginkan rasa telur asin yang lebih masir, simpan telur selama 12 hari atau 2 minggu.
  6. Setelah 1 minggu telur dapat di ambil kemudian dicuci dengan air bersih.
  7. Rebus atau kukus telur asin dengan api sedang selama kurang lebih 1 ½ jam.
  8. Selamat menikmati telur asin buatan anda sendiri.

Cara membuat telur asin dengan bahan – bahan sederhana selain mudah dilakukan juga tidak membutuhkan biaya besar. Anda tidak harus memakai telur bebek sebagai bahan utama, telur ayam dan telur burung puyuh juga bisa menjadi alternatif. Selain rasanya yang enak dan khas, kandungan gizi di dalam satu butir telur asin sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar