Cara Alami Mencegah Tumbuhnya Uban Pada Usia Dini

cara alami mencegah uban tumbuhTips and trik ~ Tumbuhnya uban umumnya dialami oleh orang dewasa dengan usia 40 tahun keatas. Namun demikian, rambut yang putih yang terlalu cepat muncul dan belum waktunya dapat merusak penampilan anda.


Cara cepat untuk menghilangkan uban adalah dengan memakai produk pewarna rambut. Sedangkan cara alami untuk mencegah tumbuhnya uban pada usia dini nyatanya mudah dilakukan. Biaya yang dikeluarkan dengan cara tradisional ini relatif lebih murah dan terjangkau.

Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala mulai dari sekarang seharusnya mendapat perhatian lebih. Langkah ini bertujuan untuk mencegah uban tumbuh di usia muda dan membuat rambut tetap terjaga keindahannya.

Salah satu penyebab utama munculnya uban adalah stres yang berlebihan. Stres yang anda alami akan membuat hormon tubuh terganggu termasuk hormon yang berfungsi untukmenumbuhkan rambut.

Sebuah studi di Spanyol menyatakan uban tak perlu selalu dimusuhi. Uban menandakan seseorang memiliki hidup yang panjang dan sehat (metrotvnews.com).

Cara Alami Mencegah Tumbuhnya Rambut Uban Pada Usia Dini

  1. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH
    Air merupakan sumber kehidupan bagi semua mahluk di bumi, begitu juga bagi tubuh anda. Air terbukti mampu melarutkan berbagai racun dalam tubuh manusia.

    Jika tubuh anda mengalami dehidrasi, maka nutrisi sulit untuk mencapai hormon perangsang folikel rambut. Akibatnya kesehatan rambut akan terganggu. Salah satu efeknya adalah terganggu nya pigmen yang membentuk warna rambut sehingga memicu tumbuhnya uban lebih cepat.
  2. BERHENTI MEROKOK 
    Berbeda dengan air yang memiliki kemampuan untuk melarutkan dan membuang berbagai sumber penyakit dalam tubuh, rokok merupakan kumpulan sumber penyakit yang dibungkus sedemikian rupa.

    Tahukah anda jika racun yang terkandung dalam sebatang rokok bisa merusak berbagai bagian tubuh termasuk rambut. Salah satu efek merokok adalah penuaan dini. Uban dan keriput akan muncul lebih awal jika anda tak bisa menghentikan kebiasaan merokok.

  3. PERBANYAK MINERAL DAN ZAT BESI
    Kurangnya zat besi dan mineral dalam tubuh juga merupakan penyebab kerusakan rambut dan munculnya uban. Perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh dalam sehari. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang kaya zat besi untuk rambut lebih sehat.

  4. KHASIAT BIJI PEPAYA
    Biji buah pepaya ternyata memiliki khasiat ampuh untuk mencegah tumbuhnya uban.
    Anda hanya perlu mengambil setangkup biji pepaya, sangrai, lalu tumbuk halus dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan ramuan tersebut pada seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan sekitar satu jam, lalu keramaslah seperti biasa.
  5. PROTEIN, PROTEIN DAN PROTEIN
    Protein merupakan nutrisi yang akan menjaga kesehatan tubuh anda termasuk rambut. Pastikan protein ada dalam variasi menu harian anda. Ayam, telur dan ikan salmon adalah beberapa makanan yang direkomendasikan karena kaya akan protein dan zat yang bisa membuat rambut lebih indah dan kuat.

  6. WAKTU TIDUR CUKUP
    Saat anda tidur, tubuh melakukan berbagai proses untuk memperbaiki sel-sel kulit, termasuk kulit kepala. Tubuh perlu waktu yang cukup untuk melakukan proses peremajaan sel secara maksimal. Tidur cukup 7 jam sehari sangat mendukung proses perbaikan sel yang bisa membantu memperlambat munculnya uban.

    TERLALU SERING GANTI SHAMPO
  7. Terlalu sering ganti shampo dapat menyebabkan rambut menjadi rusak dan merah, dari gejala itu sebaiknya anda berhenti dengan kebiasaan gonta-ganti shampoo karena apabila diteruskan uban akan mulai tumbuh sedikit demi sedikit.

  8. MENGATASI RAMBUT BERUBAN
    Untuk mengatasi masalah uban rambut, anda mungkin bisa menggunakan ramuan tradisional jaman dulu yang menggunakan khasiat putih telur ayam. Perawatan rambut beruban tentu saja berbeda dengan lainnya.
Cara alami mencegah tumbuhnya uban di usia muda sebenarnya sangat mudah. Perhatikan kebiasaan sehari-hari yang tanpa anda sadari memicu munculnya uban rambut. Merawat rambut agar lebih sehat dan hitam berkilau bisa menjadi langkah pencegahan yang ampuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar