Cara Mengakui Kesalahan Yang Sudah Dibuat

yang sudah pernah dilakukan bukan hal mudah. Masalah sebenarnya adalah apakah anda memiliki keberanian untuk mengakui dan bertanggung jawab terhadap kesalahan yang pernah dibuat? Cara mengakui kesalahan yang paling tepat adalah berkata jujur, siap menerima segala konsekuensi dan kemudian memperbaiki kesalahan tersebut.


tips mengakui kesalahan agar dimaafkan

Bagaimana Cara Mengakui Kesalahan Agar Mudah Dimaafkan?

  1. BERANI MENGAKUI KESALAHAN
    Sifat egois merupakan penghalang utama untuk jujur mengakui kesalahan yang sudah dilakukan. Jangan mencoba menutupi kesalahan yang sudah dilakukan dengan menutupinya menggunakan jasa atau hutang budi.

    Jika sedang bertengkar dengan pasangan, akui anda yang salah walaupun hanya mengatakan "Memang saya yang salah." Dengan cara mengakui kesalahan, pertengkaran akan mereda. Gunakan moment berikutnya untuk mengatakan kata-kata lembut dan mesra agar pasangan dapat memaafkan kesalahan yang sudah anda lakukan.

  2. BERANI BERTANGGUNG JAWAB
    Bertanggung jawab artinya bersedia menerima akibat sebagai konsekuensi dari kesalahan yang telah dilakukan dan mau memperbaikinya. Berani mengakui kesalahan tidak berarti sudah terlepas dari tanggung jawab untuk menanggung akibat dari kesalahan yang telah anda dilakukannya.

    "Saya sudah mengakui, dan memohon maaf atas kesalahan saya, tetapi mengapa saya masih harus menerima hukuman?"

    Sebuah cara pandang yang salah menyangkut hal 'mau bertanggung jawab atas kesalahan'. Tanggung jawab bukan hanya sebatas pada cara mengakui kesalahan (lalu terbebas dari akibat atas kesalahan itu). Mau bertanggung jawab berarti bersedia menerima konsekuensi dan kemudian mau memperbaikinya.

  3. RENDAH HATI SAAT MEMOHON MAAF
    Jangan jadikan 'mendapat atau tidak mendapat maaf' sebagai tujuan akhir. Fokus pada usaha 'memperbaiki kesalahan'. Jika tidak mendapat maaf dari pasangan, tunjukkan kepada dia kalau anda sudah memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan.
  4. JANGAN TERLALU LAMA MENUNGGU
    Mengapa mesti menunggu nanti, jika banyak yang dapat dilakukan sekarang untuk mengakui kesalahan. Tidak perlu menunggu, karena apa yang anda tunggu tidak jelas hasilnya.

  5. TIDAK MENYEPELEKAN KESALAHAN KECIL
    Jangan pernah menyepelekan kesalahan sekecil apapun kesalahan itu. Kesalahan tidak pernah selesai tanpa ada usaha untuk memperbaiki dan komitmen untuk tidak mengulangi.

    Jika untuk sementara tidak menimbulkan pertengkaran, bukan berarti telah selesai dengan sendirinya. Pertengkaran hanya tertunda sementara, dan tanpa disadari hal itu akan menjadi pemicu pertengkaran yang lain.

Cara mengakui kesalahan yang benar agar cepat dimaafkan adalah selalu mengutamakan kejujuran, menyadari kesalahan dan siap menerima konsekuensi dari pasangan atau teman anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar